Waspada! Aplikasi Android Ini Bisa Curi Email & Password Kamu

Beberapa aplikasi Android berbahaya dari perusahaan keamanan siber Kaspersky. Aplikasi ini bahkan dapat mencuri data pengguna dari kredensial login hingga detail pembayaran.

Kaspersky mengatakan bahwa aplikasi jahat menggunakan mekanisme login Facebook untuk melakukan kejahatan mereka. Tombol ini biasanya digunakan di sejumlah layanan untuk mengautentikasi pengguna dengan cepat.

Kaspersky selanjutnya menyebutkan bagaimana ini dilakukan untuk mencuri kredensial dan mengakses informasi pengguna.

Google sudah tahu tentang aplikasi yang digambarkan bermasalah dan melarangnya. Aplikasi ini dikutip dari Hindustan Times, Kamis (21/10/2021):

Lab Foto Ajaib – pengeditan foto
Blender Photo Editor – Editor latar belakang foto sederhana
Pix Photo Motion Edit 2021

Namun tidak menutup kemungkinan ada pengguna yang sudah mendownload aplikasi tersebut di perangkatnya. Karena itu, pengguna diminta untuk menghapus aplikasi langsung dari ponsel dan juga mengubah kredensial Facebook.

Ini bukan pertama kalinya aplikasi berbahaya ditemukan di Android. Sebelumnya, Google memblokir lebih dari 150 aplikasi untuk melindungi banyak penggunanya.

Pada acara Google I/O beberapa waktu lalu, raksasa teknologi global itu mengatakan ada tiga miliar perangkat Android aktif saat ini. Oleh karena itu, melakukan tindakan penghapusan pada aplikasi berbahaya dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *