Mengenal Aplikasi Elsimil, Upaya BKKBN Mencegah Stunting pada Anak!

Aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) merupakan salah satu bentuk inovasi BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana) untuk mencegah stunting anak agar remaja menjadi sombong.

Stunting sendiri merupakan keadaan gagal tumbuh kembang pada anak di bawah usia lima tahun akibat kekurangan gizi kronis. Kondisi ini berdampak jangka panjang yang mengakibatkan anak menjadi lebih kecil dari usia standar (dwarfisme).

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Mengutip situs kominfo.jatimprov.go.id, aplikasi Elsimil dirancang khusus untuk calon pengantin, ibu hamil dan ibu nifas. Melalui aplikasi ini dapat dijelaskan efektifitasnya pada kesehatan reproduksi, kesiapan hamil, kesiapan pranikah hingga kontrasepsi.

Penggunaan aplikasi Elsimil mulai disosialisasikan di kalangan remaja mulai 1 Juni hingga 7 Juni 2022. Ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-29 yang jatuh pada tanggal 20 Juni 2022.

Aplikasi Elsimil yang digunakan

Penerapan Elsimil merupakan tindakan preventif untuk memastikan setiap calon pengantin dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil. Dikutip dari Instagram resmi BKKBN, berikut fitur lengkap Elsimil:

Sebagai alat skrining untuk mengidentifikasi faktor risiko pada calon pengantin.

Penghubung calon pengantin dengan petugas pendamping.
Media edukasi tentang keinginan menikah dan hamil, khususnya faktor risiko retardasi pertumbuhan

Memantau kepatuhan calon pengantin saat menjalani pengobatan untuk meningkatkan status gizi sebagai persiapan kehamilan yang sehat.

Cara Menggunakan Aplikasi Elsimil

Tiga bulan sebelum menikah, pasangan pengantin harus diperiksa terlebih dahulu di fasilitas kesehatan (faskes). Kemudian data yang diperoleh dimasukkan ke dalam aplikasi Elsimil.

Kemudian mereka mengisi kuesioner yang diberikan dalam aplikasi. Kuesioner akan direview oleh Tim Pendamping Keluarga (bidan, TP PKK dan kader BKKBN) untuk mengetahui kesediaan pengantin baru untuk menikah atau memiliki anak. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagaimana anda menggunakan aplikasi Elsimil.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Jadi gunakan aplikasi Elsimil
Sebelum menggunakan, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Elsimil dari Google Play Store atau App Store. Setelah menginstal aplikasi di ponsel, lakukan hal berikut:

1. Daftarkan akun
Buka aplikasi Elsimil yang sudah terinstall, lalu klik “Registration” dan ikuti langkah-langkah registrasinya.

2. Isi datanya
Masukkan detail seperti nomor ID, ID foto, alamat, kata sandi, dll.

3. Isi kuesioner
Pada menu kuesioner, pilih modul kuesioner yang diinginkan usang. Klik modul yang tersedia, pilih Mulai Kuesioner”. Kemudian mengisi kuesioner benar-benar usang.

4. Lihat hasil evaluasi angket
Setelah kuesioner selesai diisi, pengguna harus menunggu Tim Pendamping Keluarga menyelesaikan proses penilaian. Jika hasil kuisioner berwarna hijau berarti calon pengantin tidak berisiko stunting, sedangkan hasil kuisioner berwarna merah berarti kondisi dan keterbelakangan tumbuh kembangnya tidak ideal.

Calon pengantin yang telah menerima hasil kuisioner hijau dapat melanjutkan proses tanpa mengunduh sertifikat. Namun, bagi pengantin baru dengan hasil kuisioner merah harus memberikan dukungan melalui Tim Pendamping Keluarga. Pendampingan bisa langsung atau langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *