5 Peluang Bisnis Panas Bumi, Tak Cuma untuk Pembangkit Listrik!

Ketika Anda berbicara tentang energi panas bumi, Anda sebenarnya tidak hanya berbicara tentang listrik. Ada banyak hal dari energi panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

“Setidaknya ada lima peluang bisnis yang bisa tumbuh dengan energi panas bumi,” kata Ahmad Yuniarto, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

5 peluang bisnis tersebut meliputi hidrogen hijau, pengolahan CO2 dan bahan baku hijau, ekstraksi bahan nano, pertanian dan pariwisata.

“Di Eropa, penggunaan energi panas bumi sangat populer untuk berbagai keperluan, seperti pemanasan kota,” tambah Ahmad.

Sebagai gambaran, kapasitas pemanas panas bumi terpasang di Eropa mencapai 5,5 GWth (GigaWatt Thermal) pada 2019, menurut Dewan Energi Panas Bumi Eropa.

Ahmad optimis Indonesia bisa melakukan hal yang sama. Saat ini, PT PGE telah mulai menggunakan energi panas bumi untuk budidaya kentang di Garut dan Kamojang, dua wilayah tempat PLTP PT PGE beroperasi.

“Keuntungan yang diperoleh petani bisa meningkat sepuluh kali lipat dibandingkan dengan bertani konvensional,” ujarnya.

PT PGE membuat tangki silinder berdiameter 1,5 meter untuk mensterilkan cocopeat, media tanam benih kentang, dari bakteri dan virus. Sterilisasi dilakukan dengan memanaskan tangki dengan uap dari PLTP Kamojang.

“Membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk memanaskan sabut kelapa,” kata Zamzam Nurzaman, direktur Lembaga Masyarakat Desa Mustika Hutan (LMDH), Kamojang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Menurut Zamzam, mereka biasa memanaskan cocopeat menggunakan tong kayu atau gas. “Proses saat ini lebih cepat dan jumlahnya jauh lebih besar,” lanjutnya.

Dengan tong dapat memanaskan cocopeat hingga dua karung (60 kg), sedangkan dengan tangki PT PGE dapat memanaskan hingga 20 karung (600 kg).

 

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *